Jaka Wiradisuria - Pemilik Valadoo.com
0 comments
Jakarta -Bagi sebagian orang yang suka melakukan perjalanan wisata sudah tak asing dengan valadoo.com. Sang pemilik, Jaka Wiradisuria menceritakan jatuh bangun menjadi pengusaha, sempat gagal hingga sukses merintas usaha layanan travel melalui online.
Padahal Jaka bukanlah keturunan dari seorang pengusaha, melainkan seorang dokter. Sehingga tak heran ia tak pernah berpikir menjadi pengusaha seperti saat ini. Usai kuliah, Jaka langsung memutuskan bekerja di perusahaan internasional di Jakarta.
"Namun 2,5 tahun bekerja saya mulai mengalami kejenuhan. Akhirnya mencari hal baru dengan menerapkan ilmu yang saya dapat di tempat kerja di bisnis usaya saya," katanya di sela-sela acara seminar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) di Istora, Senayan, Kamis (16/1/2014)
Bisnisnya saat ini merupakan yang kesekian kalinya setelah ia mencoba beberapa bisnis lain. Jaka sempat mencoba usaha karet dengan temannya yang akhirnya gagal.
"Namun hal itu justru membuat saya tidak fokus dan akhirnya malah gagal," katanya.
Ia mengatakan, dirinya memulai usaha valadoo.com ini sejak 4-5 tahun lalu. Ide awal bisnisnya dari pertanyaan mendasar para calon pelancong seperti harus naik apa ke tujuan, makannya apa, mengindap di mana dan lain-lain.
"Valadoo itu adalah online service travel atau bisnis pariwisata online," terangnya
Menurut Jaka, ia sengaja mengambil segmen pasar untuk tujuan wisata domestik. "Destinasi pariwisata di Indonesia itu luas banget. Terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Ada destinasi berupa pantai, gunung, budaya dan masih banyak yang lain," katanya.
Jaka mengaku modal awal bisnisnya di bawah Rp 50 juta. Ia harus bersaing dengan perusahaan sejenis dengan modal hingga miliaran rupiah. Ia mengungkapkan kunci suksesnya tetap bertahan dengan cara spesialisasi.
"Kalau valadoo jualan traveling luar negeri maka itu apa bedanya kami dengan Panorama Tour? Bahkan itu sudah lahir sebelum saya lahir. Jadi kami hanya fokus di traveling Indonesia saja," katanya.
Ia juga berbagi tips dalam menjalankan usaha online, antara lain kekuatan konten yaitu dengan menginspirasi orang untuk berpariwisata, membantu orang memilih dan merencanakan tempat tujuannya untuk traveling dan membantu orang untuk memesan sesuai dengan budget yang ada.
Selain itu harus kuat dalam distribusi yaitu memastikan dan memahami produk sampai langsung ke masyarakat. Para pelanggannya bermacam-macam mulai dari kelompok pribadi, perusahaan dan lain-lain.
"Dengan valadoo orang traveling lebih mudah. Valadoo memberi jawaban dari segala pertanyaan traveling anda," ujar Jaka.
Referensi:
http://finance.detik.com/read/2014/01/16/162506/2469199/480/1/bos-valadoocom-dulunya-orang-gajian-yang-nekat-bisnis-travel
Post a Comment