Selamat datang di InfoBiografi.Blogspot.Com

Biografi Bono - penyanyi utama dari kelompok musik rock Irlandia, U2.

0 comments

Paul David Hewson (lahir 10 Mei 1960; umur 53 tahun), nama julukannya Bono Vox, nama panggungnya Figüran Osman, adalah penyanyi utama dari kelompok musik rock Irlandia, U2.

Biografi
Paul Hewson dibesarkan di Dublin, Irlandia. Ayahnya, Bob Hewson, adalah seorang Katolik Roma sementara ibunya Protestan. Ia dididik dengan iman keagamaan yang kuat sebagai anggota dari Gereja Irlandia. Tetapi ketika ditanyakan apakah ia menyebut dirinya Katolik atau Protestan, penyanyi ini konon pernah mengatakan, "Saya selalu merasa seolah-olah berada di pagar." Ibunya meninggal ketika ia baru berusia 14 tahun. Banyak lagu U2, khususnya dari album-album yang pertama ("I Will Follow", "Out of Control", "Tomorrow"), terpusat pada bagian dari hidupnya ini.

Bono belajar di Mount Temple Comprehensive School, sebuah sekolah dengan agama campuran (Protestan dan Katolik), sekolah yang pertama seperti ini di Dublin. Di situlah ia mendapatkan nama julukan "Bono Vox Of O'Connell St." Pada 1976 ia menjawab iklan yang dipasang oleh rekannya sesama siswa Larry Mullen, Jr. untuk membentuk sebuah band. Begitu pula Dave Evans (alias The Edge), saudara dari Dik Evans (yang tak lama kemudian meninggalkan band itu), dan Adam Clayton. Keempat orang sisanya membentuk sebuah band yang dinamai 'Feedback', lalu mengganti namanya menjadi 'The Hype' dan akhirnya bertahan dengan nama U2. Mulanya Bono bernyanyi, bermain gitar dan menulis lagu. Setelah The Edge semakin mahir bermain gitar, Bono dipindahkan posisinya ke vokal, meskipun ia sering bermain gitar akustik dan harmonika. Bono menikah dengan pacarnya semasa di SMU, Alison "Ali" Stewart, pada 21 Agustus 1982. Penyanyi ini telah menyebutkan dalam sejumlah wawancaranya bahwa keterlibatannya dengan U2 dan hubungannay dengan Ali dimulai kira-kira pada waktu yang bersamaan. Pasangan ini mempunyai empat orang anak - Jordan (l. 1989), Memphis Eve ('Eve' l. 1991), Elijah Bob Patricius Guggi Q (l. 1999) dan John Abraham (l. 2001).

Pada 1992, bersama dengan gitaris U2, The Edge, Bono membeli merapikan kembali Clarence Hotel, sebuah hotel dua bintang dengan 70 kamar di Dublin dan mengubahnya menjadi hotel lima bintang dengan 49 kamar, yang segera mendapatkan reputasi sebagai salah satu hotel yang paling bergaya (dan mahal) di kota itu.

Pada 2002, Bono menulis pengantar dari "Kitab Mazmur", dalah satu dari sembilan kitab dari Alkitab yang diterbitkan secara terpisah dalam seri "Pocket Canons" Canongate Book.

Nama julukannya, "Bono Vox" – biasanya disingkat menjadi "Bono" – diubahnya dari Bona Vox, sebuah merek alat pendengar yang dalam bahasa Latin berarti "suara yang baik". Bono memilih nama itu karena itu adalah nama sebuah toko yang secara teratur ia lewati di North Earl Street, tepat di ujung O'Connell Street, di Dublin. Namun demikian, "Bono Vox", secara harafiah berarti "Suara bagi si orang baik", Vox, subjeknya dan Bono, objek tak langsungnya. Kata bono juga merupakan slang dalam bahasa Italia untuk "sexy" dan bentuk datif dari kata Latin bonus; lihat Daftar ungkapan dalam bahasa Latin.

Referensi

http://id.wikipedia.org
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Info Biografi | Info Biografi | Info Biografi | Info Biografi | Info Biografi
Copyright © 2011. Info Biografi - All Rights Reserved
Template Created by Info Biografi Modify by Info Biografi
Proudly powered by Blogger